APASIH PERBEDAAN IPTEK PADA ZAMAN DULU DAN SEKARANG? DAN BAGAIMANA TIPS MENGGUNAKAN IPTEK DENGAN BAIK?

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan sebuah ilmu pengetahuan tentang teknik yang dapat membuat manusia terpacu untuk mengetahui seluk beluk hal apapun menggunakan teknologi yang sangat canggih. Tidak dapat di pungkiri lagi, teknologi sudah masuk kedalam kehidupan manusia yang dapat membuat pekerjaan-pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman dulu dan sekarang memang banyak sekali perbedaan-perbedaannya yang mungkin dapat kita sadari juga. Seperti halnya pada zaman dulu ketika kita ingin mendapatkan sebuah berita harian, maka akan kita dapati dari informasi yang ada pada Koran. Beda halnya dengan zaman sekarang yang sering kali dikenal dengan zaman revolusi 4.0.  Di zaman ini memang sudah bisa dikatakan bahwa hal apapun dapat kita lakukan dengan bantuan dari sebuah teknologi seperti halnya mendapatkan sebuah berita-berita terbaru dengan begitu cepat menggunakan teknologi yaitu handphone.

Kemudian bagaimana kita dapat menggunakan  ilmu pengetahuan dan teknologi ini dengan baik dan benar. Yang dimaksudkan baik dan benar ini adalah kita dapat menggunakan media – media yang seringkali digunakan oleh anak – anak 4.0 seperti instagram, facebook, twitter dan yang lainnya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh setiap orang yakni tidak membuat kegaduhan yang dapat menyebabkan sebuah perselisihan.

Maka dari itu, kita sebagai generasi 4.0 ini harus dapat membuat media – media sosial yang dapat membuat kedamaian, ketenangan, kenyamanan, dan juga dapat membuat keharmonisan antar manusia. Begitupun ada beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik dan benar yaitu  gunakan teknologi pada waktu yang tepat. Maka gunakanlah teknologi sesuai dengan kebutuhan saja dan hindari penggunaan teknologi untuk hal-hal yang tidak berkaitan, karena hal itu dapat membuat pekerjaanmu tidak teratur.

Bukan hanya itu saja, tips selanjutnya yaitu gunakanlah teknologi untuk hal positif. Tips kedua ini menggunakan teknologi untuk hal-hal positif saja. Hendaknya mengurangi penggunaan teknologi untuk hal-hal yang negative seperti untuk mencela orang orang melalui media sosial ataupun kejahatan lainnya.

Saat ini, generasi penurus adalah kita yakni para pemuda – pemudi yang sangat luar biasa. Maka dari itu, mari kita suarakan hal ini dalam memanfaatkan teknologi yang sudah semakain canggih dengan sebaik mungkin dengan cara memutus penyebaran berita-berita hoax yang membuat kegaduhan masyarakat umum dan kita gantikan dengan konten-konten positif yang dapat bermanfaat bagi siapapun

Penulis: Moh. Sopyan 

0 comments on “APASIH PERBEDAAN IPTEK PADA ZAMAN DULU DAN SEKARANG? DAN BAGAIMANA TIPS MENGGUNAKAN IPTEK DENGAN BAIK?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?