Aksi Gotong Royong: Selamatkan Alam Indonesia!

Jagad dunia maya sedang digencarkan oleh foto mural rusaknya hutan Indonesia. Greenpeace.id adalah pelopor akun yang menyebarkan foto mural tak bermoral tersebut. Instabilitas dari reboisasi dan deforestasi, memicu dampak yang krusial bagi flora ataupun fauna. Bukan hanya itu, bom polusi karbondioksida membuat manusia ikut merasakan climate change phenomena. Banyak oknum tak bertanggung jawab membakar lahan gambut demi perluasan tanaman industri mereka. Krisis alam ini berlanjut, hingga menghantarkan Indonesia berada di posisi ke 3 sebagai negara pencemar polusi tertinggi di dunia.

Sobat damai, bagaimana perasaanmu setelah mengetahui fakta di atas? Sedih? Khawatir? Iba?. Memang semua itu sudah sepatutnya kita rasakan, namun jangan sampai kita terhanyut dalam perasaan tak bersolutif saja. Mari kita lakukan aksi gotong royong sebagai upaya penyelamatan alam Indonesia. Simak beberapa cara berikut:

1. Gunakan Transportasi Umum

Meskipun terdengar sepele, namun menggunakan transportasi umum saat berpergian atau berangkat kerja dapat menekan polusi udara di lingkungan kita.

2. Hemat Pemakaian Listrik

Perlu diketahui bahwa penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca  jatuh kepada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Cara meminimalisir polusi karbon dioksida sekaligus menjaga kelestarian batu bara, bisa dilakukan dengan cara mengehemat listrik. Cabutlah kabel-kabel dari stop kontak yang tidak lagi digunakan. Hindari pemakaian listrik secara berlebih.

3. Kurangi Produksi Sampah

Pastikan alat dan barang reusable menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Mulai dari totebag; lap pengganti tisu; sendok, garpu atau sedotan stainless; dan lainnya yang penggunaannya tidak satu kali pakai. Cek selalu apakah mereka sudah berada di dalam tas.

4. Menanam Pohon atau Pelihara Tanaman

Selain memuaskan sebagian orang yang hobby merawat tanaman, menanam tanaman atau pohon merupakan bagian dari kontribusi kita dalam misi penyelamatan alam Indonesia.

Itulah cara mudah yang bisa kita lakukan. Mari bergotong royong dalam aksi penyelamatan alam Indonesia. Karena alam ini berkelanjutan yang tidak hanya dititipkan untuk kita, melainkan untuk anak dan cucu kita pula. Pulihkan alam pulihkan harapan. Salam lestari!

Referensi:

Greenpeace. (2021). Penjaga Hutan Hutanku, hutanmu, hutan kita bersama! Retrieved from Greenpeace: https://www.greenpeace.org/indonesia/aksi/penjaga-hutan/

Pasys, R. (2021, April 24). Cara Melestarikan Lingkungan untuk Menjaga Alam di Sekitar Kita. Retrieved August 25, 2021, from Gridkids: https://kids.grid.id/read/472665009/cara-melestarikan-lingkungan-untuk-menjaga-alam-di-sekitar-kita?page=all

Syahni, D. (2020, March 15). Kala PLTU Batubara Picu Perubahan Iklim dan Ancam Kesehatan Masyarakat. Retrieved August 25, 2021, from Mongabay: https://www.mongabay.co.id/2020/03/15/kala-pltu-batubara-picu-perubahan-iklim-dan-ancam-kesehatan-masyarakat/

Penulis: Rifa Qutratunisa

 

 

0 comments on “Aksi Gotong Royong: Selamatkan Alam Indonesia!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?