5 Tips Merawat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sobat damai, kita pasti memiliki perbedaan yang beragam. Mulai dari segi suku, ras, agama, warna kulit, dan masih banyak hal lain. Bahkan, sampai hal yang mendasar seperti bahasa dan kebudayaan pun berbeda. Inilah yang memunculkan persepsi toleransi. Tentu, toleransi sangat penting untuk menghindari perselisihan yang memiliki dampak buruk pada persatuan.

Sama halnya seperti perbedaan negara di dunia, toleransi juga sangat diperlukan di bumi kita tercinta, Indonesia—yang dikenal kaya akan budaya. Sayang, hingga kini masih banyak orang yang melanggar nilai-nilai toleransi. Ini membuat kualitas kebersamaan di tengah perbedaan kian tergerus.

Buat kamu yang punya semangat untuk menjunjung tinggi toleransi, pastikan 5 hal ini kamu lakukan ya untuk melestarikan dan menjaga toleransi. Apa aja sih? Simak yuk!

Kuatkan Niat Dari Hati Untuk Menjaga Toleransi

“Innamal a’malu bi an-niyat.” Dalam konteks Islam, bisa diartikan, segala sesuatu berawa dari niat. Letaknya di dalam hati, lalu disampaikan melalui verbal atau perlakuan. Inilah yang menjadi pijakan seseorang untuk bertindak. Seseorang tidak akan mampu menghargai perbedaan jika dalam hatinya tidak mengimani prinsip toleransi dan enggan menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, toleransi sangat penting untuk ditanam dalam hati sobat damai agar tersemai perdamaian diantara kita.

Tanamkan Toleransi Sejak Kecil pada Generasi Muda

Toleransi termasuk hal yang wajib dilatih sejak kecil. Saat ini banyak isu-isu yang bersifat provokasi. Isu ini sewaktu-waktu bisa menggerus nilai-nilai toleransi dalam diri seseorang. Untuk itu, sobat damai harus mampu menanamkan nilai toleransi sejak kecil. Bahkan ketika kita juga perlu untuk mengajarkan hal tersebut kepada generasi muda agar tidak mudah terpancing isu provokasi dan berpegang teguh pada nilai toleransi.

Menegur Siapapun yang Melanggar Nili-nilai Toleransi

Siapapun yang melanggar toleransi perlu kiranya untuk ditindak tegas. Jadi bagi sobat damai yang melihat seseorang bersikap intoleran terhadap orang lain, jangan takut untuk menegur mereka. Jika tidak begitu maka mudah saja intoleran akan berkembang dan merusak persatuan.

Mengaplikasikan Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

Percuma saja sobat damai menyematkan nilai toleransi dalam hati namun tidak diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang wajib dilakukan khususnya bagi diri kita dan lingkungan. Tunjukkan bahwa kita menjunjung tinggi nilai toleransi. Bisa dilakukan dengan hal kecil misalnya dengan tidak membeda-bedakan strata sosial, suku, ras, agama, warna kulit, bahasa, dan hal sensitif lainnya. Karena kita harus menyadari bersama, semua orang berhak mendapatkan perlindungan dan perlakuan yang sama tanpa adanya diskriminasi.

Melestarikannya Agar Tidak Tergerus Perkembangan Zaman

Setelah hal-hal sederhana dilakukan, maka sendi-sendi toleransi yang telah dibangun perlu untuk dilestarikan. Ini sebagai investasi jangka panjang, agar toleransi tetap terjaga. Zaman berkembang pesat, terlebih semakin hari semakin modern, dan kehidupan masyarakat semakin individualis. Tentu hal ini berpotensi merusak nilai murni dalam toleransi. Pastikan hal ini tetap terjaga agar kita mampu menjaga nilai toleransi secara terus menerus.

Siti Heni Rohamna
Duta Damai Banten

0 comments on “5 Tips Merawat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hariAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *