17 Juli 2021 Hari Keadilan Internasional : Menelisik Makna Keadilan

Hak Asasi Manusia atau yang lebih dikenal dengan Kata HAM, merupakan kata yang sampai saat ini menjadi batu sandaran dalam memperjuangkan hak-hak manusia. Kesetaraan mendapatkan hak disandarkan pula pada orientasi keadilan dalam mendapatkan setiap Hak-hak yang diperoleh. Kendati demikian sampai Detik ini 17 Juli 2021 diperingati hari Keadilan Internasional atau bisa disebut pula dengan hari Keadilan Pidana Internasional (Day of International Criminal Justice) dalam statuta Roma.

Hari Keadilan Internasional merupakan hari peringatan yang disepakati pada tanggal 17 Juli 1998. Dengan kurun waktu  4 tahun terbentuklah ICC (International Criminal Court) di tahun 2002. Keterbentukan ICC sebagai Mahkamah Keamanan dunia, ini menaungi beberapa permasalahan terhadap pemberlakuan ketidakadilan yang didapatkan oleh masyarakat global. Seperti Fokus pada impunitas, kejahatan yang ditimbulkan oleh perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, serta genosida seiring dengan tujuan ditetapkannya.

Refleksi Hari Keadilan saat ini

Kata adil dan keadilan keduanya memiliki makna bahwa setiap perbuatan yang menyangkut Hak seseorang harus diberikan pada porsi yang adil dalam mata sosial, ekonomi, politik, maupun hukum. Kendati demikian isu-isu tentang perpecahan ras, suku, agama menjadi daya tarik dalam pemicu awal ketidakadilan. Pasalnya Sampai sekarang masyarakat homogen masih terbilang banyak dan cenderung post-truth pada kepercayaannya. Dengan begitu membawa masyarakat kedalam ranah heterogen terkadang menjadi tentangan tersendiri bagi tiap tiap individu maupun kelompok.

Dengan demikian adanya peringatan hari Keadilan internasional dan lembaga hukum ICC diharapkan terus mampu membangkitkan rasa Humaniora serta dapat menindaklanjuti permasalahan tentang porsi adil dan pemaknaan adil terhadap kasus kasus keadilan yang masih menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi tiap tiap Negara saat ini.

Penulis: Ari Abdurahman

0 comments on “17 Juli 2021 Hari Keadilan Internasional : Menelisik Makna KeadilanAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?