free page hit counter

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni. Hal ini sebagai dedikasi untuk meningkatkan kesadaran dan aksi global terhadap masalah lingkungan. Sejak didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1972, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan sarana utama bagi promosi keberlanjutan dan perlindungan lingkungan di seluruh dunia.

Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang dirilis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 adalah “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience”. Tema ini diangkat untuk menyoroti pentingnya tindakan masyarakat global dalam memulihkan lahan terdegradasi hingga mitigasi perihal perubahan iklim.

Selain itu, Indonesia juga mengusung tema sendiri untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Adapun tema tersebut bertajuk “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema tersebut dipilih untuk mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan krisis iklim dengan inovasi secara konsisten serta menerapkan prinsip keadilan dan inklusivitas.

Dalam menghadapi berbagai tantangan lingkungan yang serius dewasa ini, termasuk perubahan iklim, deforestasi, polusi plastik, kehilangan keanekaragaman hayati, dan degradasi tanah. Perubahan iklim, misalnya, telah menyebabkan peningkatan suhu global, perubahan pola cuaca, dan peningkatan frekuensi bencana alam. Polusi plastik, di sisi lain, mengancam kehidupan laut dan kesehatan manusia.

Setiap individu memiliki peran penting dalam upaya perlindungan lingkungan. Beberapa langkah yang dapat diambil seperti mengurangi penggunaan produk sekali pakai, menggunakan kembali barang-barang yang masih layak, dan mendaur ulang limbah, menghemat energi, dan melakukan reboisasi berkelanjutan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia harus menjadi momen penting untuk refleksi, edukasi, dan aksi nyata dalam menjaga kelestarian bumi ini. Dengan kolaborasi global dan tindakan individual yang bertanggung jawab, kita harus yakin dapat menghadapi tantangan lingkungan dan membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Mari kita jadikan setiap hari sebagai upaya konkret dengan menjaga dan melestarikan bumi yang kita cintai.

Penulis: Siska Irma Diana

0 comments on “Memperingati Hari Lingkungan Hidup SeduniaAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *