free page hit counter

TIPS SEHAT MENGHADAPI CUACA TAK MENENTU

Hallo sobat damai!

Sobat damai mungkin sudah merasakan ya akhir-akhir ini cuaca kita sedang silih berganti baik itu hujan, kemarau atau bahkan pernah terjadi di pagi harinya hujan kemudian di siang hari tidak hujan. Nah sobat damai, kita dapat mengetahuinya bahwa cuaca saat ini sedang tak menentu yang nantinya memiliki sebab akibat kepada kita sebagai makhluk hidup jika kita tidak dapat bersahabat dengan cuaca yang nantinya kemungkinan dapat menyebabkan banyak sekali wabah-wabah penyakit seperti demam, flu, dan yang lainnya.

Tapi sobat damai jangan takut. Tulisan ini akan memberikan tips sehat untuk teman-teman semua dalam menghadapi cuaca yang tak menentu ini. Baiklah pasti sudah tak sabar lagi kan untuk tips nya ada apa saja, mari kita simak yaa.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan adalah suatu hal yang penting bagi makhluk hidup karena makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. pada saat cuaca yang tak tentu ini, begitu sangat penting untuk mengkonsumsi sayuran dan buah guna membantu system kekebalan tubuh melawan zat berbahaya dan membantu melindungi kita dari berbagai macam penyakit.

Minum Air Putih

Sering kali kita mengabaikan pentingnya minum air putih untuk kebutuhan tubuh kita. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Hal ini sangat penting untuk tubuh agar tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan meningkatnya suhu tubuh dan membuat tubuh menjadi lemas.

Kemudian untuk tetap terjaga dari dehidrasi, kita dapat minum air putih secukupnya saja, tidak terlalu berlebihan. Sesuai dengan himbauan dari ahli kesehatan bahwa mereka menyarankan minimal 6-8 gelas air putih untuk tiap harinya.

Bagaimana caranya supaya kita rajin minum air putih? Hal ini dapat kita lakukan tips nya dengan cara membawa minum dalam botol agar dapat kita bawa kemana-mana saat beraktivitas. Hal ini lebih baik daripada kita meminum minuman manis saat beraktivitas.

Tidur

Tips ini terkadang lupa untuk diterapkan terutam bagi orang-orang yang fresh graduated yang masuk kedalam dunia kerja. Biasanya mereka amat sangat senang dengan kerja pertama mereka yang mengakibatkan mereka lupa bahwa mereka itu adalah manusia yang membutuhkan waktu untuk istirahat.

Salah satu istirahat paling disarankan adalah tidur dengan cukup dan berkualitas. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, bekerjalah secukupnya dan sempatkan untuk istirahat dengan cukup karena pada saat tidur, tubuh kita bekerja untuk mengurangi kelelahan dan mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh.

Kebutuhan waktu tidur yang tepat yaitu 6-8 jam adalah waktu yang cukup untuk tubuh kita beristirahat. Tetapi, hindarilah gangguan-gangguan seperti menonton televisi atau memainkan handphone sebelum tidur, guna tidur kita menjadi nyenyak dan tidak terganggu.

Olahraga Rutin

Aktivitas fisik dengan olahraga rutin dapat memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga berat badan, memperkuat tulang dan otot serta mengurangi resiko terjangkit penyakit. Ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan seperti jogging, renang, yoga dan yang lainnya. Kita dapat sesuaikan dengan aktivitas kita masing-masing ya sobat. Terkadang ada yang sibuk dengan pekerjaannya serta tak dapat menyempatkan waktu untuk berolahraga. Tapi tenang saja, dengan olahraga ringan saja sudah cukup seperti jalan kaki santai disekitar rumah, beres-beres rumah dan yang terpenting tubuh kita bergerak ya sobat jangan sampai diam ditempat terus hehehe

Memakai Pakaian Sesuai Cuaca

Pakaian dapat melindungi tubuh kita pada saat beraktivitas jika kita sesuaikan dengan cuaca yang sedang terjadi. Pada saat musim dingin/hujan, hindarilah pakaian yang tipis dan pada musim panas, hindari juga bahan yang tidak menyerap keringat. Karena pada saat kita menggunakan pakaian yang sesuai dengan cuaca, dapat membuat suhu tubuh menjadi lebih stabil dan mengurangi risiko terkena penyakit.

 

Sobat damaiku, itulah beberapa tips yang sobat damai dapat lakukan ya agar tetap sehat didalam kondisi cuaca apapun. Karena sehat itu menyenangkan loh sobat.

Semoga tipsnya dapat bermanfaat dan membantu untuk kita semua dalam menjaga kesehatan

 

 

Penulis : Sopyan

Sumber :

Surakarta.go.id “Menghadapi Cuaca Ekstrem dengan Sehat: Tips untuk Musim Pancaroba”

https://www.halodoc.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-cuaca-ekstrem

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6550601/tips-menjaga-kesehatan-saat-cuaca-sedang-tak-menentu

0 comments on “TIPS SEHAT MENGHADAPI CUACA TAK MENENTUAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *