free page hit counter

HUT BNPT RI ke-14 dan Komitmen Menggelorakan Anti Kekerasan

Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia ke-14 mengusung tema “Gelorakan Anti Kekerasan untuk Indonesia Damai, Menuju Indonesia Emas.” Dalam perayaan ini turut hadir sejumlah Duta Besar negara tetangga, Menteri, Kepala Daerah, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), Duta Damai dan rekanan BNPT lainnya. Agenda tahunan ini diselenggarakan di komplek kantor BNPT, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 16 Juli 2024.

Sebagai komitmen nyata dalam menggelorakan anti kekerasan, BNPT resmi membuka Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia yang diberi nama Adhi Pradana. Kepala BNPT Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si., menuturkan bahwa museum ini akan akan menjadi tempat wisata edukasi dan tempat rekreasi generasi muda sehingga mereka hidup dalam toleransi dan menjauhi kekerasan.

“Pada momentum ulang tahun ini, kami sekaligus meresmikan Museum Nasional Penanggulangan Terorisme sebagai wisata edukasi dan tempat rekreasi pelajar, akademisi hingga peneliti” ujar Rycko.

Museum Adhi Pradana dibangun seluas 2.458 M2 yang kelak menjadi sarana edukasi dalam rangka membangun kesadaran masyarakat terkait paham radikalisme dan terorisme. Dengan slogan “Be Save and Protec The Word, diharapkan museum ini memberi semangat untuk terus menyelamatkan dan menjaga dunia ini agar tetap aman dan damai.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa museum ini merupakan simbol komitmen untuk memerangi terorisme dan membangun Indonesia lebih aman.

“Museum menjadi simbol komiten dalam memerangi terorisme dan membangun Indonesia lebih aman,” tutur Hadi.

Dalam momentum bersejarah ini Menkopolhukam turut mengukuhkan Paguyuban Anti Teror Indonesia (PATI) beranggotakan tokoh penanggulangan terorisme Indonesia, akademisi, hingga OMS. Adapun Ketua Umum PATI adalah Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D. Paguyuban ini kelak diharapkan memberikan kontribusi positif terkait aspek – aspek penanggulangan terorisme mulai dari mitigasi, teknologi, hingga ancaman kekinian.

Semarak HUT BNPT kali ini turut dimeriahkan oleh kehadiran Puteri Ariani sebagai Duta Damai Kehormatan BNPT RI. Tak hanya itu, berbagai penghargaan juga dibagikan kepada sederet Kepala Sekolah yang bersama-sama dengan BNPT menjalankan Sekolah Damai yang menjadi salah satu program prioritas BNPT untuk menciptakan lingkungan sekolah damai dan toleran dalam keberagaman.

Penulis: Siska Irma Diana

0 comments on “HUT BNPT RI ke-14 dan Komitmen Menggelorakan Anti KekerasanAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *