Wajib Tahu, Ini 5 Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi COVID-19

Sehat diartikan sebagai kesanggupan seseorang dalam melakukan aktivitas secara optimal. Keoptimalan yang dimaksud adalah kondisi seseorang tanpa gangguan penyakit fisik, mental, dan sosial. Masih banyak yang belum tahu, untuk menunjangnya perlu dilakukan sebuah gaya hidup sehat yang dilakukan secara berulang-ulang. Pandemi COVID-19 ini ternyata menjadi momentum bagi masyarakat di setiap negara dalam meningkatkan gaya hidup sehat, tak terkecuali Indonesia. Hasil survei yang disampaikan oleh Dewan Penasihat Nutrisi yaitu Dr Rimbawan PhD tercatat sebanyak 79% masyarakat Indonesia setuju dan melakukan gaya hidup sehat semasa pandemi COVID-19. Sepenting apa gaya hidup sehat untuk kita, dan seperti apa gaya hidup sehat yang bisa sobat damai lakukan? Ketahui jawabannya dalam artikel berikut.

Gaya hidup sehat merupakan sebuah gaya makan, gaya pikiran, kebiasaan, dan lingkungan yang mendatangkan kebermanfaatan bagi diri kita. Menjalani gaya hidup sehat bukan berarti sekedar menjauhi diri dari penyakit, akan tetapi menjaga fisik, mental, dan sosial. Rutinitas gaya hidup sehat dapat menjadikan hidup berkualitas hingga bisa “memperpanjang” usia. Oleh karena itu, penting bagi kita menerapkan gaya hidup sehat. Berikut 5 gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan bahkan saat pandemi COVID-19 :

1. Mengatur berat badan

Perhatikan pola makan agar mendapat berat badan yang ideal. Makan-makanan yang bergizi dan bernutrisi. Penuhi juga asupan buah dan sayuran dengan porsi seimbang. Kurangi minuman yang manis dan perbanyak minum air putih. Seseorang yang makan rutin 3 kali dalam sehari belum tentu gaya hidupnya sehat lho. Perhatikan terlebih dahulu, apakah makanannya termasuk dalam kriteria di atas?

2. Berolahraga

Meski banyak yang malas berolahraga akan tetapi gaya hidup sehat ini ga kalah wajib di lakukan demi keseimbangan daya tahan tubuh. Berolahraga ringan seperti sit up, push up, squat, naik turun tangga dapat kamu lakukan di rumah selagi pandemi COVID-19.  Lakukan secara rutin setiap hari selama 30 menit.

3. Menjaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental membantu kita menjadi lebih damai dalam hidup serta terhindar dari stress atau rasa cemas. Salah satu cara mewujudkan mental yang sehat adalah dengan mengelola perasaan positif terlebih saat diterpa suatu masalah. Katakan pada diri sendiri bahwa dirimu berharga atau kamu juga bisa ucapkan kata-kata positif lainnya yang serupa. Apresiasi diri dapat membantu kamu terhindar dari sosok berjiwa negatif. Selain itu kamu perlu selektif dari lingkungan yang berpotensi hanya membuat mu terpuruk.

3. Bersosialisasi

Biasanya sebelum panedmi COVID-19, masyarakat sering bertemu untuk bercengkerama. Hal ini baik, karena pada dasarnya manusia butuh tempat untuk berkeluh dan berkesah. Namun bagaimana cara bersosialisasi di tengah pandemi? Kamu tidak perlu memaksakan diri berkunjung ke rumah atau tempat untuk berbincang. Teknologi dapat membantu kamu tetap terhubung dengan mereka dari jarak jauh. Aplikasi semacam zoom, whatsapp, facebook, instagram dapat kamu gunakan bertatap muka secara daring. Manfaatkan fitur yang telah disediakan oleh setiap aplikasi. Selain menjalin silaturahmi, kebutuhan bersosialisasi dapat terpenuhi sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

4. Perhatikan waktu tidur

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam dalam sehari. Kurang atau lebih dari itu, biasanya seseorang akan bersikap murung, agresif, dan sensitif. Risiko kamu terserang penyakit jantung juga akan semakin besar lho. Maka dari itu, tingkatkan kualitas tidur dengan membuat sendiri lingkungan tidur yang nyaman. Hindari meminum minuman kafein ketika malam hari.

Penulis: Rifa Qutratunisa

0 comments on “Wajib Tahu, Ini 5 Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi COVID-19Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?